Sabtu, 07 Juli 2012

Mazda Siapkan Varian MX-5 Mesin Supercharged

Oleh Editor KapanLagi.com, Otomotif | Kapanlagi – Sen, 4 Jun 2012

Pabrikan otomotif asal Jepang, Mazda telah melakukan debutnya dalam ajang Auto Mobil International (AMI) di Leipzig, Jerman. Dan pada ajang otomotif ini, Mazda menampilkan mobil sport-nya MX-5 Senshu Edition yang dasarnya memang dari Mazda Miata.
Seperti yang disampaikan carscoop, Mazda kembali memberi sebuah kejutan melalui sebuah proposal yang memperlihatkan varian Mazda MX-5 Yusho Concept, dimana nama yang diusungnya ini memiliki arti 'Kemenangan'.
Mazda MX-5 Yusho Concept yang diperlihatkan ini dilabur dengan warna putih matte yang dipasangkan dengan velg Anthracite berwarna abu-abu ukuran 17" yang dibalut dengan ban semi-click Toyo Proxes R888 ukuran 215/45 R17.
Kemudian untuk menunjang nuansa sporty, pada suspensinya menggunakan Bilstein absorbers, stabilizer bars lebih besar dan pegas lebih pendek dari Eibach, pada spoiler juga hadir dengan lebih lebar, serta penggunaan bahan karbon fiber pada diffuser belakang yang juga menjadi rumah ujung knalpotnya yang terlihat seperti mobil sport sejati.
Yang menjadi titik terpenting pada Mazda MX-5 Yusho Concept ini terletak di balik kap mesinnya yang kini terdapat jantung pacu berkapasitas 2.0 liter MZR empat silinder yang diperkuat teknologi supercharged, intercooler, piston spesial dari Cosworth, exhaust sistem custom dan juga software yang telah diprogram ulang.
Perubahan lain pada jantung pacu ini juga meliputi penggunaan Fuel Injectors baru dan metal sport catalysts dan kemudian dilengkapi juga dengan sistem transmisi baru yang menggunakan sport clutch.
Peningkatan sumber tenaga ini mampu menjadikan daya pada versi Mazda MX-5 yang sebelumnya hanya memiliki tenaga sebesar 158 hp pada putaran 6.700 rpm kini menjadi 237 hp pada putaran 6.800 rpm. Sedangkan pada torsi yang awalnya hanya 188 Nm pada putaran 5.000 rpm kini menjadi 274 Nm pada 5.400 rpm.
Sayangnya pihak Mazda tidak mengungkap mengenai bobot mobil ini dan juga dengan performa mesin baru, akselerasi 0-100km/h mobil sport ini bisa mencapai waktu berapa. Tapi Mazda MX-5 Yusho diklaim mampu mencapai kecepatan puncak sekitar 240 km/h.
Sedangkan untuk sektor interior, Mazda MX-5 Yusho akan menggunakan jok model sport dari Recaro yang akan dibalut menggunakan bahan kulit istimewa dari Alcantara. Untuk kapan munculnya versi produksi dan juga harga, Mazda masih belum angkat bicara, kita tunggu saja berita resmi dari Mazda.

0 komentar:

Posting Komentar