Sabtu, 07 Juli 2012

Mazda Berduet Dengan Fiat Untuk Hasilkan Roadster Baru

Oleh Editor KapanLagi.com, Otomotif | Kapanlagi – Jum, 25 Mei 2012


Pabrikan mobil asal Italia, Fiat Group dan pabrikan mobil asal Jepang, Mazda Motor Corporation Jepang mengumumkan rencana kerjasama untuk mengembangkan generasi keluarga mobil sport baru.
Kedua perusahaan besar ini menyatakan, saat ini para insinyur dari kedua perusahaan tengah mempelajari cara membuat roadster baru untuk merek Mazda dan Alfa Romeo yang berpenggerak roda belakang dengan desain berbeda dan bisa mengusung identitas masing-masing merek. Mobil itu sendiri akan dibuat dengan basis arsitektur Mazda MX-5.

Mengingat varian Roadster Alfa Romeo akan meluncurkan roadster ke pasar global dan Eropa serta Amerika Serikat mulai 2015. Mobil tersebut akan dibuat di pabrik Mazda Jepang di Hiroshima. Model tersebut juga akan menjadi generasi penerus Mazda MX-5/Miata yang akan memiliki desain yang berbeda dengan Alfa Romeo.
Fiat dan Mazda tengah membahas soal kerjasama lebih lanjut di Eropa. Televisi NHK Jepang melaporkan bahwa kedua produsen mobil tengah membahas sebuah kemitraan untuk memperluas jaringan penjualan global mereka.
"Membangun teknologi dan aliansi pengembangan produk merupakan salah satu tujuan Mazda dan ini adalah langkah awal yang penting bersama Fiat," ujar CEO Mazda Takashi Yamnouchi dalam sebuah pernyataan bersama.
"Ini akan menjadi sangat menarik bisa berkolaborasi dengan merek bergengsi seperti Alfa Romeo pada sebuah roadster baru yang berbasis pada generasi penerus MX-5," sambungnya, seperti yang disampaikan inautonews.
Hal senada diungkapkan oleh CEO Fiat Sergio Marchionne. "Kesepakatan ini jelas menunjukkan komitmen kami terhadap Alfa Romeo dan tekad untuk tumbuh menjadi sebuah merek global," ujarnya.
Marchionne juga mengatakan bahwa dengan bermitra dengan Mazda, Alfa Romeo berarti akan bekerjasama dengan pemimpin di segmen arsitektur kendaraan kompak berpenggerak roda belakang yang telah diakui untuk menciptakan sebuah roadster bergaya bagi Alfa Romeo.
Kesepakatan ini juga akan membuka jalan bagi Mazda untuk memperluas penjualannya di Eropa melalui Fiat sebagai upaya Mazda mengakhiri kerugian. Bagi Fiat sendiri, kesepakatan ini dapat membantu perusahaan mendapatkan akses ke mesin-mesin Mazda dan teknologi bahan ringan yang sanggup menghasilkan tenaga besar.

0 komentar:

Posting Komentar